tips cara cepat partisi hardisk tanpa sofwear di windows 7

Posted by pak yons on Monday, September 20, 2010


tips cara cepat partisi hardisk tanpa sofwear di windows 7

masih berhuhungan dengan windows 7, beberapa waktu yang lalu saya telah memposting tentang kelebihan windows 7 di bandingan dengan versi sebelumnya, salah satunya adalah OS windows 7 dapat mempartissi hardisk tanpa perlu menggunkan softwer, sehingga kita dapat melakukan partisi dengan sangat mudah dan lebih cepat.
dan dalam postingan ini saya akan uraikan cara partisi tanpa softwer di windows 7, cara ini saya dapatkan dari hasil blogwalking di blog tetangga, selamat menyimak :

untuk partisi hardisk tanpa softwer pada windows 7 anda ikuti tahap tahapnya berikut ini :

a. anda Klik kanan [computer] > pilih [manage]

b. anda akan melihat Pada jendela “computer management”, pilih [storage] kemudian anda pilih [disk management].


c. Setelah Pada jendela sebelah kanan terlihat jumlah partisi yang telah ada. Kemudian anda klik kanan pada harddisk yang akan anda dipartisi. ( Kalau baru terdapat 1 partisi misal C: klik kanan pada partisi C:, kalau sudah ada beberapa partisi “seperti gambar dibawah” dan mau di partisi lagi maka klik kanan pada drive yang mau di partisi lagi ) setelah itu anda pilih [Shrink Volume].


d. Akan Muncul “querying shrink space” dan anda tunggu sebentar sambil ngopi juga ngak pa2 he..he.
e. Setelah itu akan Muncul jendela shrink. Dari sini kamu diminta untuk menentukan volume partisi yang mau dibuat. Isikan saja berapa volume sesuai dengan yang shobat rencanakan. Setelah itu klik [Shrink].


f. Maka akan muncullah partisi baru yang masih belum terformat atau free space ( lihat partisi dengan gambar hijau ). Sampai disini partisi baru masih belum bisa digunakan.


g. Kemudian Untuk memformat partisi agar bisa digunakan, klik kanan pada “free space” tadi kemudian pilih [new simple volume].



h. Akan Muncul [New simple volume wizard] > klik [next].



i. Akan Muncul jendela [specify volume size] > klik [next] lagi


j. Akan Muncul jendela [assign drive letter or path] > klik [next] lagi.




k. Akan Muncul jendela [format partition]. Pada file system pilih saja NTFS, kemudian pada volume label > isikan “nama label drive partisi anda”, kemudian klik [next].



l. Akan muncul jendela [completing the new simple volume wizard]. Sebelum klik finish lihat dulu informasi yang tertera. Kalau belum sesuai dengan keinginan shobat, klik [back], kalau sudah sesuai silahkan klik [finish]


m. Sampai di sini akan Maka partisi harddisk telah selesai dan siap untuk dipergunakan.


n. Proses selesai, dan siap di gunakan

buat anda yang ingin download sofwear pasrtisi hardisk klik aja link di bawah ini

NPMPortable.exe,
eazeus partition manager .zip,
Ranish Partition Manager

mudah mudahan artikel partisi hardisk tanpa softwer ini bisa bermanfaat buat kita semua, kalau anda punya pengalaman lain tentang artikel ini mohon untuk berbagi pada kolom komentar.
salam yons

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment